LEASING

Sewa Guna Usaha atau disingkat dengan SGU (Bahasa Inggris: leasing) adalah kegiatan pembiayaan dengan menyediakan barang atau modal yang dilakukan selama jangka waktu tertentu, baik dengan hak opsi (finance lease) maupun tanpa hak opsi (operating lease) untuk digunakan oleh penyewa guna usaha (lessee) berdasarkan pembayaran secara angsuran. Hak opsi adalah hak untuk membeli objek sewa guna usaha setelah berakhirnya perjanjian berdasarkan nilai sisa yang disepakati bersama.

Kegiatan leasing ini telah diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia NOMOR: 1169/KMK.01/1991 tentang kegiatan sewa guna usaha (leasing).

Pengadaan barang modal dapat juga dilakukan dengan cara membeli barang penyewa guna usaha yang kemudian disewagunausahakan kembali. Sepanjang perjanjian SGU, hak milik atas barang modal berada pada perusahaan pembiayaan.

Contoh Perusahaan Leasing dan Sistem Operasinya

Visi

Menjadi penyedia solusi keuangan terpercaya, yang memberikan kontribusi positif terhadap transformasi kehidupan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.


Misi

Memberikan solusi keuangan yang inovatif, berkualitas tinggi dan komprehensif, sesuai dengan prinsip kepatuhan, yang menciptakan nilai tambah bagi pelanggan dan semua pemangku kepentingan.

Tentang Perusahaan

Didirikan tahun 1990, pada awalnya Perusahaan ini bernama PT Summit Sinar Mas Finance, hasil kerjasama usaha antara PT Sinar Mas Multiartha dan Sumitomo Corporation, Jepang. Awalnya PT Summit Sinar Mas Finance memfokuskan aktivitas usaha pada sewa guna usaha. Namun di tahun 2003 PT Summit Sinar Mas Finance mengubah aktivitas usahanya menjadi perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor, sekaligus mengganti namanya menjadi PT Summit Oto Finance.

Sumitomo Corporation adalah perusahaan dagang Jepang yang terpadu (sogoshosha). Sebagai Pemegang saham utama, Sumitomo Corporation memberikan dukungan dan mengendalikan semua aspek usaha dari manajemen, treasury, keuangan hingga operasi. Dengan dukungan dari Sumitomo Corporation, PT Summit Oto Finance telah berhasil tumbuh dan meningkatkan pembiayaan motor serta memiliki kantor jaringan yang tersebar diseluruh Indonesia.

Usaha utama PT Summit Oto Finance adalah pada pembiayaan kepemilikan motor baru. PT Summit Oto Finance lebih berfokus kepada pelanggan perorangan daripada perusahaan, dengan tujuan penyebaran risiko. Sebagai perusahaan pembiayaan yang independen, PT Summit Oto Finance tidak memiliki keterkaitan dengan pabrikan, sehingga perusahaan memiliki keleluasaan untuk membiayai semua merek motor yang tersedia di pasar.

PT Summit Oto Finance juga telah menikmati pertumbuhan pasar motor domestik yang kuat dalam beberapa tahun terakhir, serta mampu mempertahankan posisinya sebagai salah satu pemain terkemuka dalam pembiayaan motor. Dengan pedoman kinerja “3M + 1T” (Man, Management, Money plus Technology), Perusahaan berhasil memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabahnya dan mencatat peningkatan kinerja yang signifikan selama tahun 2013.

Dalam usaha menyediakan layanan “one-stop service”, PT Summit Oto Finance mengembangkan web site (www.otofinance.co.id). PT Summit Oto Finance juga terus memperkuat system Teknologi Informasi dengan cara meningkatkan efisiensi dan produktivitas di kantor-kantor cabang dalam hal pelayanan pelanggan.

PT Summit Oto Finance senantiasa berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan. Sampai akhir 2013 PT Summit Oto Finance telah mengoperasikan 171 jaringan usaha yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu juga Perusahaan telah bekerjasama dengan bank – bank berjaringan nasional dan PT Pos Indonesia untuk penerimaan pembayaran angsuran yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelanggan dalam hal pembayaran angsuran kredit.

Sumitomo Corporation sebagai pemegang saham utama PT Summit Oto Finance, berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan pada PT Summit Oto Finance, baik dalam hal manajemen, pendanaan, pemasaran maupun operasional perusahaan.

Didukung modal yang kuat, tim manajemen yang handal, mitra usaha, pelanggan setia dan 8.953 karyawan, pada tahun 2013 PT Summit Oto Finance telah berhasil tumbuh dengan Total Aset sebesar Rp9,6 triliun, Total Ekuitas sebesar Rp3,3 triliun serta Laba Bersih sebesar Rp313,8 miliar. Pada bulan Desember 2013 Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) memberikan peringkat idAA (Double A; Stable Outlook) untuk Perseroan dan Obligasi Summit

Benefit

Remunerasi

OTO Group memberikan paket remunerasi yang menarik dan kompetitif dengan perusahaan lain di bidang perbankan dan pembiayaan.

  • Gaji Pokok
  • Tunjangan Harian
  • Insentif yang Menarik *)
  • Bonus Tahunan
  • Motorcycle/Car Ownership Program *)

*) Untuk jabatan tertentu

Asuransi

Sejak hari pertama bergabung dengan OTO Group, Anda akan dilindungi dengan Asuransi Kesehatan.

  • Rawat Inap & Rawat Jalan
  • Pemeriksaan & Perawatan Gigi
  • Frame & Lensa Kacamata
  • Kecelakaan Kerja
BPJS

Setiap karyawan OTO Group terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

Fasilitas Kerja

Berbagai fasilitas yang menunjang kinerja karyawan disediakan oleh OTO Group :

  • Iphone
  • Blackberry
  • Ipad
  • Laptop
  • Komputer
  • Lingkungan Kerja yang Nyaman
Jenjang Karir

OTO Group adalah perusahaan yang terus berkembang, sehingga membutuhkan kader-kader baru untuk menempati jabatan-jabatan strategis. Penghargaan dan promosi karyawan murni berdasarkan kinerja karena kami percaya sistem yang kompetitif dan sehat dapat membantu karyawan meraih prestasi terbaik mereka dan mencapai kesuksesan bersama perusahaan.

Pengembangan Diri

Karyawan adalah aset utama OTO Group. Setiap karyawan adalah pemain kunci yang memiliki peran dalam kesuksesan perusahaan. Oleh karena itu OTO Group memfasilitasi karyawan dengan berbagai program pelatihan yang berkualitas, baik di SAG Learning Center maupun lembaga training eksternal untuk mendukung pengembangan diri karyawan.

Nilai – Nilai Perusahaan

Filosofi Bisnis

    1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara berkesinambungan.

    2. Menerapkan proses bisnis yang efektif dengan budaya Perseroan yang baik dan bertanggung jawab.

    3. Menghasilkan keuntungan yang berkesinambungan bagi seluruh pemegang saham yang juga disertai dengan peningkatan kesejahteraan karyawan.

Nilai Dasar

Nilai dasar atau Core Value pada dasarnya merupakan nilai-nilai dan budaya perusahaan yang dirumuskan oleh manajemen. Oleh karena itu setiap karyawan dari level staff hingga jajaran manajemen harus menjalankan core value dalam pekerjaan sehari–hari sebagai salah satu kunci sukses berkarir di Perseroan. Perseroan percaya bahwa dengan budaya yang baik dan kuat akan menciptakan hasil yang baik pula. Adapun nilai-nilai dasar Perseroan adalah sebagai berikut :

Integritas

Perseroan sangat menghargai integritas. Kata integritas berasal dari kata integrité dari bahasa Perancis kuno yang artinya tidak bersalah, tidak bercela, kesucian, kemurnian, atau dari bahasa Latin integritatem (kata benda integritas) yang berarti kesehatan, keutuhan, kelengkapan, secara kiasan berarti kemurnian, kebenaran, tidak bercela, keseluruhan atau tidak terpisahkan. Bila dijabarkan secara lanjut, integritas berarti berani mengakui dan bertanggung jawab atas apa yang sudah dilakukan. Sikap integritas biasa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari dalam bentuk walk the talk yakni ada kesesuaian antara tindakan dan ucapan. Satu pikiran, kata dan perbuatan, konsisten, melakukan apa yang disampaikan. Bekerja bukan terpaksa atau karena diawasi oleh atasan namun sesuai hati nurani. Salah satu bagian dari integritas adalah kejujuran yaitu berbicara obyektif dan sesuai fakta, memberikan informasi sesuai dengan fakta yang sebenarnya tidak melebihkan atau tidak mengurangi informasi serta tidak memanipulasi data.

Menjunjung tinggi prinsip, nilai-nilai dan norma yang berlaku umum juga merupakan bagian dari integritas. Prinsip adalah nilai-nilai yang disepakati kebenarannya oleh umat manusia semenjak beriburibu tahun yang lalu. Misalnya prinsip kejujuran, saling menghargai, sikap untuk tidak mengambil sesuatu yang bukan haknya, tidak mencuri, tidak menggelapkan sesuatu, tidak melakukan korupsi (uang, barang atau waktu). Contoh lain dari integritas adalah tidak menyalahgunakan jabatan untuk kepentingan pribadi dan merugikan Perseroan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak Egois

Core Value kedua yaitu Selflessness atau tidak egois yaitu menggambarkan sikap seseorang dalam bekerja yang rendah hati, mau berbagi, dan berjiwa melayani. Ketika kita mengemukakan pendapat pada saat rapat dan pendapat kita ditolak karena dianggap tidak mewakili aspirasi karyawan yang lain, disaat itulah kita harus bisa menerima keputusan akhir yang sesuai dengan kepentingan banyak orang. Sikap selflessness biasa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti tidak mementingkan diri sendiri, rela berkorban untuk orang lain, tidak iri hati melihat kesuksesan dan kemajuan orang lain, atau bahkan mau berbagi resep kesuksesan kepada rekan kerjanya, bukan menutup-nutupinya. Justru kesuksesan dan kemajuan orang lain bisa digunakan sebagai pemacu motivasi agar bisa lebih baik.

Komitmen Yang Kuat

Strong Commitment atau komitmen yang kuat adalah core value ketiga Perseroan yang menggambarkan sifat seseorang yang bekerja dengan sungguhsungguh, disiplin serta bertanggung jawab atas pekerjaannya tersebut. Komitmen seorang karyawan terhadap Perseroan salah satunya tercermin dari kedisiplinannya, tidak datang terlambat dan menyelesaikan pekerjaan yang telah ditugaskan kepadanya.

Pantang Menyerah

Core value keempat dapat diartikan dengan pantang menyerah dan bekerja dengan tekad bulat, fokus pada tujuan serta gigih dalam mencoba. Seseorang yang memiliki sifat ini pada dasarnya memiliki keyakinan pada dirinya untuk bisa berhasil. Tidak mudah berputus asa meskipun banyak terdapat rintangan serta hambatan yang kerap datang kepadanya. Pantang menyerah timbul saat seseorang mengacu pada kebesaran tujuan, mimpi, cita-cita atau visi, sehingga setiap kesulitan yang datang apabila diingatkan kembali akan kebesaran tujuan, maka kesulitan-kesulitan tersebut akan dianggap sebagai tantangan.

Kerjasama Tim

Team work atau biasa disebut sebagai kerja sama tim artinya bekerja secara bahu-membahu sehingga tercipta suatu sinergi dikedua belah pihak yang bekerja sama. Target-target Perseroan, divisi, departemen dan cabang tidak bisa tercapai karena performa satu bagian saja. Target bersama hanya bisa tercapai dengan performa seluruh bagian. Keberhasilan Perseroan merupakan keberhasilan semua bagian, mulai dari kantor pusat, regional, dan cabang. Termasuk keberhasilan semua individu mulai dari bawahan hingga atasan. Kerja sama bukan berarti kita mencari orang-orang terbaik dan kuat, tetapi bagaimana menyatukan semua kelebihan yang dimiliki hingga akhirnya kekurangannya dapat tertutupi. Dengan begitu hasil yang diterima akan optimal dan bahkan lebih dari yang diharapkan.

SUMBER:

https://id.wikipedia.org/wiki/Sewa_guna_usaha

https://www.otofinance.co.id/

https://karir.oto.co.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s