Transformasi Publik Komunikasi

Transformasi adalah sebuah proses perubahan secara berangsur-angsur sehingga sampai pada tahap ultimate, perubahan yang dilakukan dengan cara memberi respon terhadap pengaruh unsur eksternal dan internal yang akan mengarahkan perubahan dari bentuk yang sudah dikenal sebelumnya melalui proses menggandakan secara berulang-ulang atau melipatgandakan.

Komunikasi Publik (Public Communication) adalah salah satu jenis atau bentuk komunikasi dari segi jumlah atau banyaknya komunikan (audiens) selain komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication), komunikasi antarpribadi (interpersonal communication), komunikasi kelompok (group communcation), dan komunikasi massa (mass communication).

Komunikasi Publik dikenal dengan banyak nama atau istilah, seperti urusan publik (public affairs), informasi publik (public information), dan hubungan publik (public relation) atau humas (hubungan masyarakat).

Karena jumlahnya audiens yang banyak, komunikasi publik juga sering diidentikkan dengan komunikasi massa, padahal keduanya berbeda dari segi saluran (channel). Komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa (communicating with media).

Transformasi Publik berarti perubahan secara berangsur angsur pada suatu bentuk komunikasi yang melibatkan banyak komunikan dan mengarahkan perubahan tersebut melalui proses menggandakan berulang-ulang atau melipatgandakan.

Langkah yang harus diambil  dalam transformasi publik komunikasi.

Transformasi publik komunikasi disini menitik beratkan pada bagaimana kita dapat beradaptasi pada suatu perubahan, terlebih lagi di era digital pada saat ini.

Komunikasi Publik selalu menjadi sorotan masyarakat belakangan ini. Bagaimana komunikasi publik memainkan peran dalam proses adaptasi kebiasaan baru menjadi topi menarik untuk didiskusikan. Dinamika komunikasi publik pada era digital di Indonesia saat ini masih berjuang pada mengedukasi masyarakat. Tingkat pengetahuan masyarakat saat ini yang cukup tinggi, masih perlu ditingkatkan kembali, hingga penyesuaian kebiasaan baru saat ini menjadi normal sosial di masyarakat.

Perilaku masyarakat belum berkorelasi dengan tingkat pengetahuan ini menjadi masalah baru dalam komunikasi publik di zaman sekarang ini. Menjadi tantangan besar bagi komunikasi publik untuk dapat menyelaraskan pengetahuan publik terhadap kemajuan yang ada dengan perilaku masyarakat.

Dengan begitu komunikan harus menanamkan nilai-nilai yang menggambarkan bahwa perubahan yang ada pada saat ini adalah kebiasaan yang kedepannya akan terus ada di masyarakat dan masyarakat perlu membiasakan diri terhadap perubahan yang ada, selain itu perubahan yang ada juga memudahkan kita dan membawa kita menuju titik yang lebih maju.

Pertama-tama komunikan bisa menentukan sasaran yang akan dituju, komunikan juga perlu mengenal dan memahami sasaran. Setelah itu komunikan bisa menentukan tujuan dan menentukan strategi apa penyampaian tersebut akan dilakukan. Lalu susun pesan-pesan yang akan disampaikan kepada audiens. pesan yang disampaikan harus mengandung motivasi yang membangun masyarakat serta cara untuk mencapainya. Terakhir, tentukan media apa yang efektif digunakan dalam menyampaikan informasi-informasi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s