PERSONAL SELLING

Pengertian Personal Selling atau dalam bahasa Indonesia Penjualan Perorangan adalah sebuah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka akan mencoba membelinya.

Personal selling menekankan pada komunikasi yang persuasif untuk bisa menggugah kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian. Dalam personal selling ini salesman akan mempromosikan produk dengan tujuan menginformasikan dan mendorong pelanggan untuk membeli atau setidaknya mereka mencoba produk tersebut.

Personal selling terjadi ketika perusahaan mengirimkan salesman mereka untuk menjual atau menawarkan produk dan layanan dengan langsung bertatap muka.

PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN PERSONAL SELLING

Contohnya adalah PT. HM SAMPOERNA Tbk

Sudah diketahui bahwa PT. HM SAMPOERNA TbK sering kali melakukan personal selling terhadap produk rokoknya. Mulai dari tenaga-tega kerja yang sering berkeliling atau biasa kita sebut dengan SPG, hingga membuka booth stand di acara acara besar. Ada beberapa event yang diharuskan untuk melakukan penjualan produknya dilakukan dengan cara personal dan tatap muka dengan konsumen.

Dengan diadakannya event tertentu PT. HM SAMPOERNA TbK bisa dengan mudah mengetahui rokok merek apa saja yang dipakai oleh konsumen serta bisa langsung menawarkan untuk mengganti produk rokok kompetitor dengan produk mereka. Melalui event ini bisa didapatkan data data konsumen dan penggunaan rokok kompetitor seberapa besar.

Dengan adanya personal selling, seorang sales atau marketing yang bersangkutan bisa mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang benar dengan konsumen dan bagaimana melakukan pendekan yang terbaik sehingga konsumen nyaman untuk berinteraksi sampai didapatkan transaksi penjualan produk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s