LEADERSHIP

Leadership skill memegang peranan penting dalam sebuah manajemen kepemimpinan.

Leadership skill adalah kemampuan seseorang untuk menginspirasi orang lain agar mau bertindak sesuai rencana demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Seseorang dengan jabatan tinggi dan memiliki banyak pengikut hendaknya telah menguasai leadership skill dengan baik. Pada kenyataannya, banyak yang tidak mempunyai kapasitas tersebut namun tetap dipercaya menjadi seorang pemimpin.

Hal ini terkadang menjadi bumerang tatkala pemimpin tersebut menghadapi masalah, ia akan cenderung menyalahkan orang lain bahkan lari dari tanggung jawab. Padahal, tugas pemimpinlah untuk menyelesaikan masalah tersebut, bukannya menimpakan kesalahan kepada anak buahnya.

Karakter pemimpin seperti di atas pasti banyak ditemukan di sekitar Anda. Sudah sepatutnya mereka dibekali leadership skill agar dapat menjadi sumber solusi, bukan sumber masalah.

Namun, seorang pemimpin bukanlah dia yang mampu melakukan apapun dan menyelesaikan semua masalah sendirian. Pemimpin sejati adalah pemimpin yang dapat mengarahkan anak buahnya dan memberikan jalan bagi mereka agar dapat menjadi pemimpin baru di masa depan.

Seorang pemimpin dapat dikatakan sukses jika ia berhasil melahirkan pemimpin. Ini adalah inti dari leadership skill.

 

6 Hal Paling Penting Untuk Meningkatkan Kemampuan Leadership

 

 KOMUNIKASI

Dalam bisnis, keterampilan komunikasi dibutuhkan untuk membangun hubungan profesional atau bekerja sama dengan siapa saja. Tanpa komunikasi yang baik, maka proses pertukaran informasi akan terganggu dan mempengaruhi efektivitas kerja.

 PERENCANAAN

Berbisnis memerlukan perencanaan agar bisnis dapat berjalan secara terarah dan bisa tepat sasaran saat mencapai tujuan. Dengan adanya perencanaan, Anda jadi tahu apa saja hal penting yang harus dilakukan.

 MEMOTIVASI

Motivasikan diri setiap hari dan bagikan semangat kerja kepada tim Anda. Jangan mudah putus asa dalam keadaan yang buruk sekalipun, karena segala masalah pasti akan ada solusinya.

 DELEGASI

Delegasikan tugas-tugas secara efektif dan pastikan Anda mengawasi mereka dalam bekerja. Pimpinlah tim Anda untuk dapat bekerja sama dalam melaksanakan setiap tanggung jawab yang ada.

 EMPATI

Dengan adanya empati dari pemimpin, Anda akan menyentuh sisi emosional karyawan. Kedekatan akan dibangun karena kepedulian Anda membuat mereka merasa diperlakukan secara manusiawi, bukan hanya dianggap sebagai alat untuk bekerja.

 INTEGRITAS

Sikap yang memancarkan kewibawaan. Integritas adalah kejujuran, yakni tentang apa yang Anda lakukan sama dengan apa yang Anda katakan.

 

 

SUMBER:

https://www.kubikleadership.com/leadership-skill-kunci-sukses-pemimpin/

http://entrepreneurcamp.id/meningkatkan-kemampuan-leadership/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s