PENTINGNYA TIME MANAGEMENT

PENTINGNYA MEMANAJEMEN WAKTU

Soft skill adalah kombinasi dari keterampilan orang, keterampilan sosial, keterampilan komunikasi, karakter atau sifat kepribadian, sikap, atribut karir, kecerdasan sosial dan kecerdasan emosional, antara lain, yang memungkinkan orang untuk menavigasi lingkungan mereka, bekerja dengan baik dengan orang lain , berkinerja baik, dan mencapai tujuan mereka dengan melengkapi hard skill. The Collins English Dictionary mendefinisikan istilah “soft skill” sebagai “kualitas yang diinginkan untuk bentuk pekerjaan tertentu yang tidak tergantung pada pengetahuan yang diperoleh: mereka termasuk akal sehat, kemampuan untuk berurusan dengan orang, dan sikap fleksibel yang positif.”

Membahas mengenai soft skill banyak sekali keterampilan-keterampilan yang bisa disebutkan. Kesempatan kali ini saya akan memberi contoh serta menjelaskan salah satu soft skill yang dapat di kembangkan, yaitu mengenai TIME MANAGEMENT.

 

PENGERTIAN TIME MANAGEMENT

 

Time management atau manajemen waktu merupakan salah satu skill yang penting bagi setiap pribadi yang efektif. Yaitu kemampuan untuk mengorganisasi, merencanakan, dan mengontrol bagaimana Anda menggunakan waktu dalam keseharian Anda dalam setiap aktivitas secara efektif untuk mencapai tujuan Anda. Time management yang baik membutuhkan perubahan pola pikir dan fokus yaitu bukan dari berapa banyak aktivitas yang Anda lakukan setiap harinya tapi berapa banyak hasil yang Anda dapat capai, being busy isn’t the same as being productive.

Time management yang baik memungkinkan Anda untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras, sehingga Anda dapat mencapai dan menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat, bahkan ketika menghadapi deadline yang singkat dan tekanan tinggi dalam pekerjaan. Time management skill meliputi goal setting atau penetapan tujuan, perencanaan ke depan, pengaturan prioritas, dan pemantauan aktual bagaimana Anda mengunakan waktu Anda.

 

MANFAAT MANAGEMENT WAKTU

Bagi pemula yang sedang membangun bisnis, manajemen waktu tidak bisa diabaikan dan justru harus menjadi prioritas utama dalam hal mencapai target.

Berikut ini adalah beberapa manfaat manajemen waktu di dalam organisasi:

 Membantu individu atau organisasi dalam menentukan prioritas. Misalnya menentukan tingkat urgensi melakukan sebuah aktivitas
 Membantu mengurangi kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan yang harus diselesaikan
 Dapat membantu untuk mencegah terjadinya bentrok waktu dalam mengerjakan dua atau lebih pekerjaan dalam waktu yang bersamaan
 Membantu proses evaluasi terhadap hasil pekerjaan individu atau organisasi

Sedangkan untuk kehidupan pribadi, manajemen waktu yang baik dapat dilihat dari alokasi waktu untuk pekerjaan dan juga untuk kehidupan pribadi di luar pekerjaan. Berikut ini manfaat time management bagi kehidupan pribadi:

 Kemampuan individu dalam mencapai produktivitas dan efisiensi yang lebih besar
 Memiliki reputasi professional yang lebih baik
 Terhindar dari tekanan atau stress akan berkurang
 Membantu meningkatkan peluang dalam mencapai kesuksesan
 Memiliki keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan
kesempatan karir yang lebih baik

 

TIPS MEMANAJEMEN WAKTU

1. KUATKAN NIAT

Apapun tujuanya kalau tidak ada niat semua yang dikerjakan ataupun diharapkan tidak akan tercapai. Bulatkan dan tekadkan niat yang kuat bahwa Anda akan mengerjakan semua hal yang ada di depan Anda dengan terprogram, terorganisir dan berdasarkan prioritasnya.

2. BUAT SKALA PRIORITAS

Nah, setelah niat yang kuat disini Anda perlu menyusun skala prioritas dimana Anda akan menyusun segala sesuatu yang akan dikerjakan berdasarkan prioritas dan porsi yang benar. Anda perlu memilah mana hal yang paling penting, mana yang tidak terlalu penting, mana yang bisa dikerjakan kapan pun dan menyingkirkan yang sekiranya tidak penting.

3. KONSISTEN

Jika diawal Anda sudah membuat skala prioritas, Anda perlu konsisten dalam mengerjakan hal-hal yang ada di daftar skala priotitas tersebut.

4. FOKUS DENGAN APA YANG DIKERJAKAN

Usahakan Anda fokus dngan apa yang sudah Anda agendakan, jangan terkecoh dengan hal-hal yang ada di luar agenda apa lagi sesuatu yang sekiranya tidak penting untuk dilakukan.

5. JANGAN LUPA SISIPKAN HIBURAN!

Ingat! Fokus bukan berarti Anda hanya melakukan suatu kewajiban yang ada di agenda secara terus menerus. Kalau begitu gak ada habisnya dong? Nah, agar tidak stress Anda perlu sesekali menghibur diri Anda. Anda bisa melakukan hobi Anda, refreshing, olahraga, atau hanya sekedar jalan-jalan pada hari libur di Taman Kota. Lakukan apapun yang anda sukai dan sekiranya dapat menyegarkan otak dan fikiran Anda.

 

SUMBER:

https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Soft_skills&prev=search

http://karirakademi.com/karir-skill/time-management-introduksi/

https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-manajemen-waktu.html

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s